Cara Transfer Uang Lewat Internet Banking Mandiri Ke Bank Mana Saja

Bagi yang sudah sering melakukan transaksi lewat Internet Banking Mandiri pastinya sudah hapal betul bagaimana penggunaannya, namun bagi nasabah yang baru menggunakan Internet Banking Mandiri ini pastilah mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan Internet Banking Mandiri sebelum melakukan transaksi.

Dengan menggunakan layanan Internet Banking Mandiri ini Anda bisa dengan mudah, aman dan cepat melakukan berbagai transaksi, seperti transfer uang atau membayar tagihan, yang terpenting Anda memiliki koneksi internet dan gadget untuk mengakses website Internet Banking Mandiri. Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara transfer uang lewat Internet Banking Mandiri ke sesama Bank Mandiri maupun ke Bank lain dari mana saja.

Cara Transfer Uang Ke Sesama Bank Mandiri Lewat Internet Banking Mandiri

Cara transfer uang lewat Internet Banking Mandiri ke sesama Bank Mandiri caranya hampir sama dengan transaksi lainnya, yang pertama harus Anda lakukan adalah mengunjungi website Internet Banking Mandiri di alamat https://ib.bankmandiri.co.id dan login dengan USER ID serta PIN Internet Banking Anda. Untuk mendapatkan USER ID dan PIN tersebut pastinya Anda harus sudah terdaftar sebagai pengguna layanan Internet Banking Mandiri.

Baca: Cara Daftar Internet Banking Mandiri Lewat ATM Mandiri di Mana Saja

1. Login dan Pilih Menu Transfer

Jika sudah login, pilih menu transfer yang ada pada menu di sebelah kiri dan pilih lagi rekening mandiri (lihat tanda merah pada gambar) untuk melakukan transfer ke sesama rekening Bank Mandiri.

Tampilan menu transfer antar rekening mandiri lewat Internet Banking

2. Isi Kolom Yang Tersedia Dengan Lengkap. 
  • Dari rekening: Pilih rekening yang akan Anda gunakan untuk transfer. 
  • Jumlah: Masukkan jumlah nominal uang yang akan Anda transfer tanpa titik koma (Contoh: 500000). 
  • Rekening Penerima: Klik bulatan yang ada di samping tulisan nomor rekening lalu isikan nomor rekening si penerima. Jika Anda ingin menyimpan nomor rekening penerima ke daftar transfer boleh di ceklis.
  • Dari Daftar Transfer dan Ke Rekening Sendiri bisa dikosongkan.
  • Tanggal Transfer Sekarang: Pilih untuk transfer uang saat itu juga.
  • Tanggal Transfer Terjadwal, Berkala atau sebagainya bisa dikosongkan.
  • Berita: Isi dengan informasi untuk apa Anda mentransfer uang tersebut. (Contoh: Untuk bayar kuliah) tapi bisa dikosongkan
  • e-mail penerima: Isi dengan alamat email si penerima transfer tapi bisa juga dikosongkan. Jika sudah terisi dengan benar, bisa tekan tombol lanjutkan.

3. Periksa Rincian Transfer

Pada tahap ini akan muncul rincian keterangan transfer berupa nomor rekening, nama penerima, jumlah uang yang di transfer serta challenge code. Bacalah rincian tersebut dengan seksama dan pastikan sudah benar.

Tampilan rincian keterangan transfer internet banking mandiri dan challenge code

4. Gunakan Metode APPLI 1 Pada Token PIN Mandiri

Ambil Token PIN Internet Banking Mandiri Anda dan hidupkan dengan menekan tombol merah pada keypad. Kemudian masukan password Token PIN Mandiri Anda dan setelah itu akan muncul teks APPLI, lalu tekan angka 1.

Baca: Cara Penggunaan Tombol Token PIN Mandiri Untuk Ganti Password

5. Masukkan Challenge Code ke Token PIN Mandiri

Lihat challenge code yang tampil di komputer (langkah 3), lalu isikan seluruh nomor tersebut ke Token PIN Mandiri Anda. Jika sudah, tekan tombol merah selama 3 detik, lalu akan muncul nomor secara otomatis.

6. Masukkan Nomor di Token ke Website

Masukkan nomor yang muncul di Token PIN Mandiri tersebut ke kolom "Masukkan PIN Mandiri untuk Konfirmasi" yang tampil di layar komputer dibawah challenge code, lalu tekan tombol Kirim.

7. Transaksi Berhasil

Setelah menekan tombol kirim Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya, yang menyatakan bahwa "Transaksi Anda Telah Berhasil". Lalu tekan tombol "Cetak" untuk mencetak bukti transfer atau tombol "Simpan" untuk menyimpan bukti transfer di komputer Anda. Setelah ini transfer Uang Anda lewat Internet Banking ke sesama Bank Mandiri sudah selesai.

8. Selesai dan Logout

Setelah selesai menggunakan Internet Banking Mandiri Anda harus selalu logout dari sistem untuk menjaga keamanan akun Anda.

Cara Transfer Uang Ke Bank Mana Saja Lewat Internet Banking Mandiri.

Internet Banking Bank Mandiri juga bisa digunakan untuk melakukan transfer uang ke Bank lain. Caranya hampir sama dengan transfer uang ke sesama Bank Mandiri, perbedaannya hanya terletak pada saat memilih jenis transfer. Berikut ini cara transfer uang ke Bank mana saja lewat Internet Banking Mandiri.

1. Login di website Internet Banking Mandiri
2. Pilih menu transfer Antar Bank Online untuk melakukan transfer ke Bank lain.
3. Isikan semua kolom dengan benar. Seperti dari rekening, jumlah transfer, rekening penerima dan lain sebagainya. Lalu tekan lanjutkan.
4. Aktifkan Token PIN Mandiri, untuk mendapatkan PIN Mandiri yang nanti harus Anda masukan ke website supaya bisa melakukan transfer (Metode APPLI 1).
5. Jika sudah, tekan tombol lanjutkan/kirim untuk menyelesaikan transfer uang Anda. Lalu Anda bisa mencetak atau menyimpan bukti transfer tersebut di laptop Anda.

Selamat sekali lagi Anda telah berhasil melakukan transfer uang lewat Internet Banking Mandiri. Jika sudah selesai jangan lupa untuk selalu logout demi menjaga keamanan akun Anda. Demikianlah cara transfer uang lewat Internet Banking Mandiri ke Rekening Mana Saja, semoga membantu.

Tambahkan Komentar Sembunyikan